Seperti yang ada di judul, Jimmy Hendrix adalah gitaris paling legendaris dalam sejarah dunia musik. Dia mendapat kehormatan tinggi dari Semua orang yang melihat atau pernah berkerjasama denganya, Corak permainan gitar Jimmy lebih condong kearah blues, dan rock and roll. Dengan Rambut kribo dan sesekali mengenakan ikat kepala kaye pendekar-pendekar di tanah air Jimmy terlihat begitu menawan dan energik.

James Marshall Hendrix itu nama lengkapnya, atau lebih sering di sebut Jimi Hendrix adalah musisi, penyanyi, penulis lagu, gitaris dan tokoh budaya Amerika. Pria kelahiran Seattle, Washington, 27 November 1942 itu disebut sebagai pemain gitar paling berpengaruh dalam sejarah musik rock.Album-album Hendrix di massa hidupnya di antaranya, Are You Experienced (1967), Axis: Bold as Love (1967), Electric Ladyland (1968), Smash Hits (1969) dan Band of Gypsys (1970). Lagu-lagu dalam Album tersebut telah membawa nama Jimi, menjadi legenda dunia, ditambah lagi lagu-lagu musisi besar yang dededikasikan untuknya, seperti Joe satriani.

Masa kecil bang Jimmy,,,

Masa kecil bang Jimmy Tidak seperti anak kebanyakan, masa kecil Jimmy bisa dibilang suram, kepedihan seakan tidak pernah hilang dalam hidupnya, bayangkan sang ibu meninggalkanya pada saat Jimmy berusia 15 tahun. Ayahnya, yang mantan militer, merupakan orang yang sangat keras dalam mendidik putranya, dengan itu dia menginginkan putranya untuk mengikui jejaknya ke jenjang militer (maklum mantan tentara). Saat Jimmy mulai beranjak dewasa, jimmy pun masuk SMA di sekolahnya Ia mengikuti berbagai kegiatan seni khususnya di bidang Musik begitu Jimmy Selesai dari SMA, dia langsung masuk ke Airbone Division of the U.S. Army sesuai keinginan ayahnya, dengan berat hati Jimmypun mengikuti keinginan ayahnya tersebut karena cuma satu-satunya yang dia punya dan dia tidak mau mengecewakan ayahnya. (singkat cerita) Meski berada di lingkungan militer, ketertarikan jimmy pada dunia musik (khususnya gitar) lebih besar. Di suatu latihan, Jimmy terkena cedera yang menjatuhkan vonis bahwa dia nggak bisa berada di militer, ini justru membuatnya girang -meskipun sang ayah sangat menentangnya dan bahkan Jimmy tidak di perbolehkan pulang ke rumahnya saat itu. (mungkin klo bang Jimmy kage cedera wktu itu, skrng kaye James Bond x ye,,hihi)

Awal karirnya,,
Tak patah arang, Jimmy bersama teman satu angkatanya di militer, Billt Cox mulai manggung dari satu club ke club lainnya. sekitar tahun 1963 Jimmy segera bertandang ke New York dan mencoba peruntungan disana, bermain di beberapa club, dan pada akhirnya bertemu dengan tokoh idolanya, Bob Dylan. Di bandnya “Jimmy James” dan “The blue Flames” jimmy mulai sukses , pada saat mereka manggung di sebuah cafe kebetulan aksi panggung Jimmy diamati Londa Keith, kekasih dari Keith Richards.

Linda meminta kekasihnya agar melihat penampilan Jimmy dan diapun tertarik! Jimmy langsung disodori kontrak dan pada saat itu Jimmy memulai karirnya keliling eropa bersama Keith Richards. Sampai di Inggris, skill Jimmy mulai terlihat, bahkan Gitaris-gitaris populer Inggris saat itu, Eric Clapton dan Pete Townshed sampai terkesima melihat penampilannya.

Selesai Eropa, Jimmy mulai fokus di U.S. dan tampil di Monterey Pop Fest disitu dia menampilkan skill yang belum pernah dilihat orang sebelumnya. Selesai tampil di Monterey, Jimmy seperti menjadi seorang Superstar dan tampil di festifal-festifal besar.

Jimmy meninggal pada 18 september 1970, meski telah tiada, distorsi dan gaya penampilan dari Jimmy tetap abadi bahkan nama tengahnya “Marshal” oleh salah satu perusahaan besar di bidang musik di pakai untuk nama sebuah sound sistem yang sampai saat inipun menjadi yang No.1